Sabtu, 18 Mei 2019

Terbaru 2020 - Soal dan Jawaban Sosiologi antropologi

Resep Masakan Terbaru

I. Pilihlah jawaban yang paling tepat !
  1. Manusia memiliki 3 potensi yang mempengaruhi hidupnya yaitu terdiri dari kecuali . . . .
a.       Keb. Jasmani                     b. naluri                       c. hati              d. akal
  1. Naluri ini terbagi tiga yaitu kecuali  . . . .
a.eksistensi                              b. kasih sayang            c. makan          d. beragama
  1. JJ Honigmann membagi budaya dalam tiga wujud yaitu kecuali . . . .
a.       Ideas                                 b. refleksi                    c. aktivities      d. artefact
  1. Bung Hatta berpendapat bahwa ilmu sosial memiliki peran tiga wajah ilmu sosial yaitu kecuali  . . . .
a.       Critical discourse              b. academic enterprise            
c. applied science                    d. cultural antropologi
  1. Yang termasuk sub-ilmu antropologi yaitu  . . . .
a.       Etnografi               b. etnologi                   c. ekonomi                   d. geografi
  1. Ciri – ciri ilmu menurut Harsojo adalah ….
a.       Bersifat rasional    b bersifat irasional       c. bersifat idealis         d. bersifat dialektis
  1. Yang termasuk bidang sosiologi khusus adalah ….
a.       Sosiologi agama    b. sosiologi budaya     c. sosiologi ekonomi    d. sosiologi geografi
  1. Antropologi pendidikan masih diragukan sebagai bidang spesialisasi antropologi, pendapat ini dikemukakan oleh . . . .
a.       Sorokin                  b. Soerjono Soekanto              c. Koentjaraningrat     d. A. Comte
  1. “Menimbulkan dana-dana sosial” merupakan salah sau fungsi sistem sosial dalam bidang ….
a.       Politik                                b. kultural                    c. sosial                        d. ekonomi

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat !
  1. Apa yang menjadi faktor pendorong sifat sosial manusia ?
  2. Apa yang dimaksud dengan interaksi ?
  3. Apa definisi ilmu menurut Prof. Harsojo ?
  4. Sebutkan lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat!
  5. Sebutkan tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution!
  6. Jelaskan bahwa teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan ?


Kunci Jawaban

I


  1. C
  2. C
  3. B
  4. D
  5. B
  6. A
  7. A
  8. C
  9. D



II. 1. faktor pendorong sifat sosial manusia yaitu :
a.       Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
b.      Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekitarnya.
  1. Interaksi adalah Proses dimana orang-orang berkomunikasi saling mempengaruhi dalam pikiran dan tindakan

  1. Definisi ilmu menurut Prof. Harsojo adalah Ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang tersistematis dan memiliki suatu pendekatan atau metode yang empiris, terikat oleh faktor ruang dan waktu, serta dapat diamati oleh pancaindera manusia.

  1. lima lapangan penyelidikan dalam antropologi menurut Koentjaraningrat adalah :
a.       Masalah sejarah asal terjadinya dan perkembangan manusia sebagai makhluk biologis
b.      Masalah sejarah terjadinya aneka warna makhluk manusia dipandang dari ciri-ciri fisik
c.       Masalah sejarah asal, perkembangan, dan penyebaran aneka warna bahasa yang diucapkan di seluruh dunia
d.      Masalah perkembangan, persebaran, dan terjadinya aneka warna kebudayaan manusia di seluruh dunia
e.       Masalah dasar-dasar kebudayaan manusia dalam kehidupan masyarakat suku-suku bangsa yang tersebar di seluruh muka bumi pada masa kini (kontemporer).

  1. Tujuan sosiologi pendidikan menurut Nasution yaitu :
a.       Sosiologi pendidikan sebagai analisis proses sosialisasi
b.      Sosiologi pendidikan sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat
c.       Sosiologi pendidikan sebagai analisis interaksi sosial di sekolah dan antara sekolah dengan masyarakat
d.      Sosiologi pendidikan sebagai alat kemajuan dan perkembangan sosial
e.       Sosiologi pendidikan sebagai dasar untuk menentukan tujuan pendidikan

  1. Teori belajar memiliki hubungan erat dengan pendidikan karena teori belajar mencoba memahami proses belajar atau penerimaan sesuatu (materi) oleh manusia. Teori belajar juga membahas penyebab, jalan atau cara-cara manusia untuk menerima suatu pengetahuan.


0 komentar:

Posting Komentar