Resep Masakan Terbaru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VII / 1
Materi Pokok : Olahraga dan Kesehatan (Perkembangan Tubuh Remaja)
Alokasi Waktu : 1 kali pertemuan (3 Jam Pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1. | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. |
2. | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
3. | Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
4. | Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori. |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.9 Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9 Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. | 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.3. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1. Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder danmental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. |
Penguatan Pendididkan Karakter :
1. Religius, mandiri, toleransi, tanggung jawab, bersungguh-sungguh dan kerja keras
2. Mengaplikasikan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3. Kreatif, berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan
C. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental, dengan baik ;
b. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental
c. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputiperubahan fisik sekunder dan mental.
D. Materi Pembelajaran
Tema : Perkembangan Tubuh Remaja
Sub tema : Perkembangan Tubuh Remaja
1. Materi Reguler
1. Perkembangan Jasmani
a. Faktor Keturunan
b. Faktor pembawaan
c. Factor luar
d. Keadaan Gizi
e. Gangguan kesehatan
f. Rangsangan
2. Pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yangmemengaruhi anak usia sekolah
3. Ciri-ciri sehat dan tanda tanda gangguan kesehatan
2. Materi Remedial
Materi Reguler dibuat dalam bentuk makalah
3. Materi Pengayan
Materi Reguler dikembangkan dengan cara mencari sumber lain melalui layanan media sosial
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model pembelajaran : Problem Based Learning
Metode : Resiprokal / timbal-balik, Part and whole dan Window Shoping
F. Media dan alat / Bahan
a. Media:
1) Gambar/poster perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisiksekunder dan mental.
2) Video pembelajaran tentang perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental.
b. Alat dan Bahan:
1) Ruang kelas
2) Laktop
3) Poster
4) Vidio pembelajaran
G. Sumber Pembelajaran
1. Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
2. Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
3. Bahan Ajar Pembelajaran Kesehatan, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN | DESKRIPSI | WAKTU | |
Pendahuluan | 1. Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi. 2. Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit. 3. Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : perumbuhan dan perkembangan tubuh/ fisssik dan menal dilakukan secara kerja sama, berungguh-sungguh, mandiri dan toleransi. 4. Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan. 5. Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehidupan sehari-hari. 6. Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi pertumbuhan dan perkembangan isik dan mental melalui pertanyaan : 1. Berikan contoh tanda-tanda sesseorangg telah beranjak dewasa? 2. Jelaskan ciri-ciri secara fisik maupun fisiologis? ( HOTS) 7. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (moving place). 8. Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian). | 20 menit | |
Inti | Tahap 1 Orientasi terhadap masalah | 1) Siswa membaca berbagai informasi tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. dari buku teks pelajaran dan sumber lain. 2) Siswa membaca berbagai informasi tentang perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental dari buku teks pelajaran dan sumber lain. | 90 menit |
Tahap 2 Organisasi Belajar | 1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mencatat klasifikasi apa yang telah diamati. 2) Siswa saling mempertanyakan “tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru? 3) Siswa saling mempertanyakan “tentang perkembangan tubuh remaja kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru? 4) Siswa saling mempertanyakan “tentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru? 5) Siswa saling mempertanyakan “tentang ciri-ciri gangguan kesehatan yang telah diamatinya, yang dimediasi oleh guru? 6) Siswa menggembangkan penyelesaian masalah berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber | ||
Tahap 3 Penyelidikan Individu atau kelompok | 1) Siswa diberi kebebasan mencari informasi tentan permasalahan yang dipertanyakan dalam materi perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental 2) Siswa mengolah hasil peyelidikannya bersama denggan kelompoknya 3) Siswa mendiskusikan tentang perkembangan tubuh remaja. secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya. 4) Siswa mendiskusikan tentang perkembangan tubuh remaja. kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya. | ||
Tahap 4 Penggembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah | 1) Siswa menyampaikan informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental 2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental 3) Siswa menetapkan solusi penyelesaian masalah dari kelemahan perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental 4) Siswa menarik kesimpulan dan menyusun laporan tentang perkembangan tubuh remaja yang mempengaruhi perubahan fisik sekunder dan mental | ||
Tahap 5 Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah | 1) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya. 2) Siswa mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang kaitannya dengan perubahan fisik sekunder dan mental secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin, Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya. 3) Siswa mendiskusikan tentang pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya. 4) Siswa mendiskusikan tentang ciri-ciri gangguan kesehatan secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, mandiri, bersungguh-sunggguh, tanggung jawab, dan disiplin. Selama diskusi tugas siswa untuk saling mengutarakan pengalaman dan argumentasinya. | ||
Penutup | 1. Salah satu siswa di bawah bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi, guru mempertanyakan apa manfaat hasil kesimpulan tersebut. 2. Guru menyampaikan kemajuan yang diperoleh siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan yang masih sering timbul saat berdiskusi. 3. Guru menginformasikan kepada siswa kelompok yang paling baik penampilannya selama melakukan diskusi. 4. Guru menugaskan siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang konsep pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit, gaya hidup sehat dan gaya hidup tidak sehat kaitannya dengan berbagai penyakit, gaya hidup sehat yang mempengaruhi kesehatan, dan usaha kesehatan sekolah (UKS). Hasilnya ditugaskan kepada siswa dijadikan sebagai tugas portofolio. 5. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam. | 15 menit |
I. Penilaian Pembelajaran
1. Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : VII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Tanda Tangan | Tindak Lanjut |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
6 | | | | | | |
2. Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1) Kisi-kisi
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Pencapaian Kompetensi | Bentuk Soal | Jumlah Soal |
| 3.9 Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. | Perkembangan Tubuh | 1. Siswa dapat mengidentifikasi Siswa dapat Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 2. Siswa dapat Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3. Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder. | Uraian Uraian Uraian | 1 1 1 |
2) Bentuk Instrumen
Nama : ...........................................................
Kelas : ...........................................................
No | ASPEK DAN SOAL UJI TULIS | Jawaban |
1. | Fakta a. Tuliskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder. b. Tuliskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan mental. | |
2. | Konsep a. Jelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder. b. Jelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan mental | |
3. | Prosedur a. Jelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. b. Jelaskan cara menerapkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. | |
3) Pedoman penskoran
a) Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawabandisebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawabandisebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawabandisebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawabandisebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawabandisebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawabandisebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c) Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawabandisebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawabandisebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawabandisebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawabandisebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawabandisebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawabandisebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
No | Rentang | Predikat | Sebutan | ||
1 | 100 | - | 86 | A | Sangat Baik |
2 | 85 | - | 71 | B | Baik |
3 | 70 | - | 56 | C | Cukup |
4 | 55 | ≤ | D | Kurang |
b. Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah : SMPN
Kelas/ Semester : VII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Mata Pelajaran : PJOK
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1 | 3.9 Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental | Pertumbuhan Tubuh | Siswa dapat menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder. | Penugasan |
2) Soal Penugasan
Deskripsikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder.sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No | Teknik | Bentuk Instrumen | Butir instrument | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1 | Praktik | Tugas (Keterampilan) | Siswa melakukan Disskusi perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder | Setelah pembelajaran usai | Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning ) |
2) Bentuk Tes
Bentuk Instrumen Unjuk Kerja
Siswa diminta untuk mendiskusikan tentang konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mentalyang berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah dan Ciri-ciri gangguan kesehatanyang dilakukan secara berkelompok atau dalam bentuk diskusi.
Nama : ...........................................................
Kelas : ...........................................................
Petugas Pengamatan : ...........................................................
No. | Indikator Penilaian | Hasil Penilaian | ||
Baik (3) | Cukup (2) | Kurang (1) | ||
1. | Persiapan awal menyiapkan materi diskusi | | | |
2. | Pelaksanaan melakukan diskusi | | | |
3. | Menyimpulkan hasil diskusi | | | |
Skor Maksimal (9) | |
3) Pedoman penskoran
Skor Baik jika :
(1) mempersiapkan bahan diskusi
(2) melengkapi materi materi diskusi
(3) sistimatika penyusunan materi diskusi
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
a) Pelaksanaan melakukan diskusi
Skor Baik jika :
(1) membuka diskusi
(2) menyampaikan materi dengan sistimatis
(3) ketepatan menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan runtun
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
b) Menyimpulkan hasil diskusi
Skor Baik jika :
(1) menyimpulkan hasil diskusi
(2) menyusun laporan secara sistimatis
(3) kelengkapan laporan hasil diskusi
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
2. Penilaian hasil/produk penyajian konsep perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental yang berhubungan dengan pertumbuhan, perkembangan, kebutuhan serta faktor-faktor yang memengaruhi anak usia sekolah dan Ciri-ciri gangguan kesehatan dengan cara :
(1) Siswa diminta untuk membuat makalah tentang pola hidup sehat.
(2) Kemudian makalah tersebut dipresentasikan oleh siswa di depan kelas secara berkelompok.
(3) Petugas menilai kelengkapan materi, sistematika materi, dan kerapihan materi, dan ketepatan melakukan diskusi yang dilakukan oleh siswa.
(4) Ketepatan diskusi yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
No. | Jenis Gerakan | Kriteria Pengskoran |
1. | Kelengkapan materi | 3 |
2. | Sistematika penyusunan materi | 3 |
3. | Ketepatan dalam penyusunan materi | 3 |
4. | Ketepatan dalam menyampaikan materi | 3 |
5. | Ketepatan dalam menyusun laporan diskusi | 3 |
Jumlah Skor Maksimal | 15 |
Pengolahan skor keterampilan proses dan skor keterampilan hasil diskusi menjadi skor akhir.
Skor penilaian proses X 70% = .............. ditambah dengan
Skor hasil diskusi X 30% = .............. sama dengan ............
Rentang nilai Keterampilan:
No | Rentang | Predikat | Sebutan | ||
1 | 100 | - | 86 | A | Sangat Baik |
2 | 85 | - | 71 | B | Baik |
3 | 70 | - | 56 | C | Cukup |
4 | 55 | ≤ | D | Kurang |
4. Program Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Mengulang materi regular dengan merangkum sebuah laporan tentang pola hidup sehat
Format Remedial
Mata Pelajaran | : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
Kelas / Semester | : VII |
Tanggal Ulangan Harian | : .................................................................................. |
Tanggal Remidial | : .................................................................................. |
No. | Nama Siswa | L/P | Nilai sebelum | Nilai sesudah | Indikator Pencapaian Kompetensi | Ket |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
2. Pengetahuan
a. Jelaskan pengertan pola hidup sehat !
b. Jelaskan pola hidup sehat dapat mencegah berbagai penyakit !
b. Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan membbbuat laporan dengan sumber yang lebih luas melalui Media social yang tersedia.
0 komentar:
Posting Komentar