Resep Masakan Terbaru
Teori belajar yang bersumber dikemukakan empat jenis teori belajar, yaitu (A) teori behaviorisme; (B) teori belajar kognitif menurut Piaget; (C) teori pemrosesan informasi dari Gagne, dan (D) teori belajar Gestalt.
A. Teori Behaviorisme
Beberapa hukum belajar yang dihasilkan dari pendekatan behaviorisme ini diantaranya :
1. Connectionism(S-R Bond) menurut Thorndike
2. Classical Conditioningmenurut Ivan Pavlov
3. Operant Conditioningmenurut B.F. Skinner
4. Social Learning menurut Albert Bandura
B. Teori Belajar Kognitif menurut Piaget
Menurut Piaget bahwa perkembangan kognitif individu meliputi empat tahap yaitu (1) sensory motor; (2) pre operational; (3) concrete operational dan (4) formal operational.
C. Teori Pemrosesan Informasi dari Robert Gagne
Menurut Gagne tahapan proses pembelajaran meliputi delapan fase yaitu (1) motivasi; (2) pemahaman; (3) pemerolehan; (4) penyimpanan; (5) ingatan kembali; (6) generalisasi; (7) perlakuan dan (8) umpan balik.
D. Teori Belajar Gestalt
Pokok pandangan Gestalt adalah bahwa obyek atau peristiwa tertentu akan dipandang sebagai sesuatu keseluruhan yang terorganisasikan. Menurut Koffka dan Kohler, ada tujuh prinsip organisasi yang terpenting yaitu :
- Hubungan bentuk dan latar (figure and gound relationship)
- Kedekatan (proxmity)
- Kesamaan (similarity)
- Arah bersama (common direction)
- Kesederhanaan (simplicity)
- Ketertutupan (closure)
Aplikasi teori Gestalt dalam proses pembelajaran antara lain :
- Pengalaman tilikan (insight)
- Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)
- Perilaku bertujuan (pusposive behavior)
- Prinsip ruang hidup (life space)
- Transfer dalam Belajar
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses dan hasil belajar subjek didik dikelompokkan atas dua bagian :
1. Faktor Fisiologis
Faktor-faktor fisiologis ini mencakup faktor material pembelajaran, faktor lingkungan, faktor instrumental, dan faktor kondisi individual subjek didik.
2. Faktor Psikologis
Perilaku individu,termasuk perilaku belajar, merupakan totalitas penghayatan dan aktivitas yang lahir sebagai hasil akhir saling pengaruh antara berbagai gejala, seperti perhatian, pengamatan, ingatan, pikiran dan motif.
0 komentar:
Posting Komentar