Resep Masakan Terbaru
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Lingkungan Hidup
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis karakterisitik biogeografi dan
Sosiantropologi wilayah
Kompetensi Dasar : 1.1Siswa dapat menjelaskan kondisi karakteristik Biogeografi dan sosioantroplogi wilayah Jawa Barat
I. Indikator 1.1.1 Mendeskripsikan pengertian biogeografi dan sosioantropologi.
1.1.2 Menjelaskan manfaat analisis karakteristik biogeografi dan
Sosioantropologi wilayah dalam pengelolaan lingkungan
1.1.3 Mendeskripsikan zona biogeografi wilayah Jawa Barat
1.1.4 Mendeskripsikan zona sosioantropologi wilayah Jawa Barat
II. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian biogeografi dan sosioantropologi
2. Siswa dapat menjelaskan manfaat analisis karakteristik Biogeografi dan
Sosioantropologi wilayah dalam pengelolaan lingkungan
3. Siswa dapat mendeskripsikan zona biogeografi wilayah Jawa Barat
4. Siswa dapat mendeskripsikan zona sosioantropologi wilayah Jawan Barat
III. Materi Pembelajaran
Karakteristik biogeografi dan sosiantropologi wilayah Jawa Barat.
1. Biogeografi Jawa Barat
2. Sosioantropologi Jawa Barat.
IV. Metode Pembelajaran
Metode : Ceramah,diskusi informasi
Model : Snowball Throwing
V. Kegiatan Pembelajaran
Langkah kegiatan :
Kegiatan Awal ( 10 menit )
1. Untuk menumbuhkan tingkat Religius siswa diajak untuk berdoa
2. Untuk meningkatkan kedisiplinan guru memeriksa kehadiran /absensi dan kerapihan siswa
3. Untuk menumbuhkan peduli lingkungan guru mulai memeriksa kebersihan kelas
4. Apersepsi dengan memberikan ilustrasi yang bisa menarik perhatian siswa ke arah materi pembelajaran.
5. Informasi tujuan pembelajaran
Kegiatan inti : ( 70 menit )
Eksplorasi
a. Untuk meningkatkan kerjasama kelas dibagi kelompok heterogen( campuran menurut prestasi,
Jenis kelamin, suku dll )
b. Masing-masing ketua kelompok dengan rasa tanggung jawab dipanggil oleh guru untuk diberi penjelasan materi.
c. Dengan rasa ingin tahu ketua kelompok memperhatikan penjelasan guru.
Elaborasi
a. Masing-masing ketua kelompok dengan rasa ingin tahu kembali ke kelompoknya masing-masing dan menerangkan penjelasan guru kepada teman-temannya.
b. Masing-masing siswa dengan tertib diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan .
c. Kertas yang berisi pertanyaan dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain.
d. Dengan jujur siswa yang menerima soal membaca dan menjawab soal yang diterimanya.
Konfirmasi
a. Guru harus memperbaiki jawaban-jawaban dan meluruskan jawaban yang kurang tepat atau salah.
b. Guru menegaskan kembali tentang tema atau masalah yang dibahas
Kegiatan Akhir : (10 menit )
1. Bersama siswa menyimpulkan pokok isi materi yang sudah dibahas
2. Penjajagan hasil belajar melalui tanya jawab
3. Informasi dan pemberian tugas
VI. Penilaian
Prosedur : postes
Jenis : Tulisan
Bentuk : Uraian singkat
Instrumen/soal :
No | Indikator | Uraian soal | Tingkatan Kognitif (C1-C6) | Kunci Jawaban | Skor |
1 | 1.1.1 | Jelaskan pengertian biogeografi | C1 | Biogeografi adalah ilmu yang mempelajari persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi | 2 |
2 | 1.1.1 | Jelaskan pengertian sosioantropologi | C1 | Sosioantropologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia di dalam kelompok sosialnya | 2 |
3 | 1.1.2 | Jelaskan manfaat analisis karakteristik biogeografi dan sosioantropologi wilayah dalam pengelolaan lingkungan | C3 | Manfaatnya agar mudah dalam melakukan pengelolaan lingkungan | 2 |
4 | 1.1.3 | Sebutkan zona biogeografi wilayah jawa barat | C1 | Zona asia, Weber- wallace dan Australia | 2 |
5 | 1.1.4 | Sebutkan zona sosioantropologi wilayah jawa barat | C1 | Sosial budaya, potensi sumber daya manusia | 2 |
| Jumlah skor | | | | 10 |
Prosedur Penilaian :
N = SP/ST x 100
VII. Alat dan Bahan :
- Alat/media :LKS, LCD, laptop
- Bahan : materi ajar
- Sumber Belajar : Buku paket
0 komentar:
Posting Komentar