Resep Masakan Terbaru
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Pengalaman
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari.
7. Basa Sunda : Mampu menyimak (ngaregepkeun), memahami, serta menanggapi
berbagai bunyi bahasa (sora basa) dongeng, dan perintah (parentah )
sederhana
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Menceritakan pengalaman
· Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
· Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
3. PKN :
· Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah.
4. Matematika :
· Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)
5. Bahasa Indonesia :
· Membedakan bunyi bahasa
· Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai.
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat.
· Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
7. Basa Sunda :
· Menyimak dongeng dibacakan guru.
Indikator :
1. IPS :
· Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
· Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
· Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.
2. IPA :
· Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
· Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
· Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah.
3. PKN :
· Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
· Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
· Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.
4. Matematika :
· Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
· Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
· Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
· Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
· Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
· Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.
5. Bahasa Indonesia.
· Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
· Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
· Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
· Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
· Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
· Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
· Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
· Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar
6. Seni Budaya dan Keterampilan. :
· Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
· Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
· Mengidentifikasi gerak tiruan hewan yang dapat terbang
· Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.
7. Basa Sunda :
· Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan sungguh-sungguh.
· Menyebutkan tokoh dalam dongeng
· Melakukan tanya jawab tentang isi dongeng
· Memperagakan tokoh dalam dongeng.
· Menyebutkan watak tokoh yang dapat diteladani.
I. Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
· Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
· Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.
· Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah.
· Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
· Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukun dan tidak rukun.
· Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.
· Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
· Siswa dapat mengurutkan nama–nama hari, bulan dan membaca jam pas.
· Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.
· Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
· Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
· Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
· Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
· Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.
· Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat
· Siswa dapat mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali isi dongeng.
.
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Peristiwa masa kecil
· Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah..
· Hidup rukun dalam perbedaan.
· Satuan pengukuran.
· Pengucapan bunyi
· Puisi anak
· Membaca nyaring.
· Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.
· Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari.
· Dongeng sasatoan
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
· Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
· Mengingatkan pada pelajaran yang lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
· Mengamati dua gambar rumah yang bersih dan kotor.
· Menyatakan pendapatnya tentang gambar yang ditampilkan.
· Membedakan dan memilih gambar mana yang disukai.
- Melalui cerita yang disampaikan guru siswa termotivasi untuk menjelaskan cara membersihkan rumah.
- Menyebutkan keuntungan dari membersihkan lingkungan rumah.
- Melalui model/ gambar yang menceritakan hidup rukun, siswa menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap yang dapat menjaga kerukunan dalam keluarga.
- Menjelaskan sikap yang tidak terpuji yang dapat menghancurkan kerukunan.
- Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk menyebutkan contoh kegiatan yang dilakukan anak-anak pada pagi hari.
- Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada pagi hari.
- Mengisi tabel kegiatan.
Pertemuan kedua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
· Melalui alat, siswa mendengarkan suara binatang.
· Menyebutkan nama binatang yang ditiru suaranya.
· Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
· Melalui motivasi guru, siswa mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan.
· Menceritakan peristiwa yang menyenangkan yang diabadikan melalui foto.
· Memberikan pendapat pada cerita yang disampaikan.
· Menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada siang hari oleh anak-anak.
· Menjelaskan kegiatan yang dilakukan orang tua pada siang hari.
· Membuat tabel kegiatan.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Melalui tiruan suara binatang, siswa menjelaskan ciri-ciri dari binatang yang ditiru suaranya.
· Memperagakan gerakan binatang yang ditiru suaranya.
· Melalui pengalaman siswa dapat mengungkapkan contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan pada malam hari.
· Menyusun tabel kegiatan.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Mealui motivasi guru siswa dapat mendeklamasikan lagu anak.
· Mendeklamasikan lagu anak tanpa melihat catatan.
· Mendeklamasikan lagu anak secara klasikal.
· Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama–nama hari secara berurut.
· Menjelaskan kegiatan yang biasa dilakukan pada tiap-tiap hari.
· Menjelaskan kegiatan sekoalh pada hari-hari tertentu.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Membuat daftar kegiatan siswa setiap hari.
· Menyusun rencana kegiatan pada hari-hari tertentu.
· Mengerjakan soal latihan.
· Mendeklamasikan lagu anak dengan suara nyaring secara individual.
· Mengungkapkan perasaan ketika mendeklamasikan lagu tersebut.
· Memberikan pendapat ketika temannya berdeklamasi.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
· Memperagakan gerakan melompat, pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
· Memperagakan gerakan melenggang pada gerakan tari yang diiringi tepukan.
· Memperagakan gerakan melangkahkan kaki pada gerakan tari yang diiringi tepukan
· Menceritakan isi puisi / deklamasi.
· Melakukan tanya jawab tentang deklamasi tersebut.
· Membuat kesimpulan tentang isi puisi/ lagu yang dideklamasikan.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Melalui contoh peragaan membersihkan kelas, siswa termotivasi untuk menjelaskan manfaat dari membersihkan sekolah.
- Memperagakan cara membersihkan kelas.
- Menyebutkan bagian kelas yang dapat dibersihkan.
- Setelah mendengarkan cerita dalam gambar, siswa membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
- Menjelaskan kerugian bila kita tidak rukun dengan anggota keluarga atau teman.
- Mendiskusikan sikap yang baik agar tetap terjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Melalui pengalaman dan penjelasan guru, siswa menyebutkan nama bulan dalam setahun.
- Menuliskan nama bulan kelahiran anggota keluarganya.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
· Melalui cerita guru, siswa termotivasi untuk mennyampaikan peristiwa penting yang dialami sehari di sekolah.
· Mendengarkan dengan sungguh-sungguh ketika temannya bercerita.
· Melalui pengalaman, siswa dapat menjelaskan tentang kasih sayang orang tua tidak ada yang menggantikannya.
· Menyebutkan bukti kasih sayang orang tua terhadap anaknya.
· Menyebutkan sikap yang terpuji seorang anak kepada orang tuanya.
· Mengucapkan doa yang khusus untuk orang tua.
· Menyusun kegiatan, peristiwa pada tiap bulannya.
· Menuliskan nama bulan kelahiran temannya.
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Mengamati kartu huruf yang sudah dipelajari dan dirangkai menjadi kata.
· Membacanya dengan suara nyaring.
· Menyusun huruf tambahan y,g,j dengan huruf yang sudah dipelajari.
· Membuat kata yang baru, yang disusun dari huruf lama dan huruf baru.
· Membaca susunan kata yang digabung menjadi kalimat sederhana.
· Menyebutkan nama bulan dalam setahun secara berurut dari bulan ke satu sampai bulan ke dua belas tanpa ada yang terlewat.
· Menyebutkan jumlah hari pada tiap bulannya.
· Menyebutkan nama bulan yang jumlahnya 30 hari.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Membaca dengan suara nyaring gabungan kata-kata yang ditulis di papan tulis.
· Membuat kalimat baru dari huruf-huruf yang sudah dipelajari.
· Melalui pengalaman dan penjelasan dari guru, siswa mengenal jam analog.
· Menjelaskan kegunaan jam sebagai penunjuk waktu.
· Menyebutkan macam-macam jam yang dikela siswa.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Mengamati jam analog yang mempunyai jarum detik, menit dan jam.
· Mengamati angka yang tertera pada jam.
· Mengamati perputaran jarum jam pada tiap deti, menit dan jam.
· Membaca kalimat yang didiktekan guru dengan suara yang nyaring dan lafal yang benar.
· Membaca kalimat yang didiktekan secara klasikal dan individual.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
· Memperagakan gerakan-gerakan tiruan kupu kupu sambil diiringi lagu.
· Memperagakan grakan –gerakan tiruan burung sedang terbang sambil diiringi lagu.
· Menjiplak dan menebalkan bentuk gambar dan huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, l, g, j, dan y
· Menjiplak dan menebalkan suku kata dan kata
· Menebalkan kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan huruf lepas dan sambung.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
- Setelah menyampaikan berbagai penjelasan, siswa menyebutkan alat-alat yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dan sekolah.
- Membaca tanda waktu yang ditunjukkan dengan jarum jam analog.
- Membaca jarum jam secara individual dan klasikal.
- Membubuhkan jarum jam pada gambar jam.
- Menyampaikan contoh dari akibat tidak menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
- Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan lepas yang rapi dan terbaca.
- Menuliskan kembali kata, kalimat sederhana dari papan tulis atau buku dengan tulisan sambung yang rapi dan bentuk huruf yang benar.
· Menceritakan tentang kasih sayang antara anggota keluarga
· Menyebutkan bukti-bukti kasih sayang mereka kepada kita.
· Menjelaskan bahwa sesama anggota keluarga harus menjaga kasih sayang dan saling menghormati.
· Menggambar jam sesuai denga kegiatan yang ditunjukkan oleh gambar.
· Melengkapi gambar jam dengan membubuhkan jarum pendek
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf lepas.
· Menuliskan kembali kalimat sederhana yang ditulis guru pada buku tulis sendiri dengan menggunakan huruf sambung.
· Menggambar jam dengan peletakan jarum dan penulisan angka dengan tepat.
· Menggambar jam sesuai dengan kegiatan yang ditulis oleh guru.
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
· Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di rumah.
· Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
· Menggambar jam dengan meletakkan jarum pendek dan jarum panjang dengan tepat.
· Membaca jam dengan menggunakan model jam analog.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Basa Sunda, Matematika, Bahasa Indonesia)
· Memperagakan di depan kelas tokoh dalam dongeng binatang tersebut.
· Menceritakan watak tokoh yang dapat diteladani.
· Menggambar jam dengantepa dalam peletakan jarum pendek dan jarum panjang.
· Membuat jam mainan yang dapat digunakan untuk model.
· Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari di pasar .
· Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
· Memperagakan gerakan tiruan bunga yang bergoyang sambil diiringi musik
· Mmperagakan gerakan tiruan pohon bergoyang sambil diiringi musik.
· Mengamati gambar yang menceritakan kegiatan sehari-hari.
· Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat berdasarkan gambar yang diamati.
C. Kegiatan akhir
· Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
· Mengerjakan post tes
· Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD, Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa Indonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif SD kelas 1, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
Alat Peraga :
1. Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3. Kartu huruf, kartu kata, kalimat
4. gambar dan model jam analog.
5. selendang, rebana.
6. Gambar alat kebersihan..
VI. Penilaian
Teknik Tes :
· Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
· Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
· Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument Tes :
· LKS
· Lembar observasi.
0 komentar:
Posting Komentar